Rabu, 16 Mei 2012

CARA MENGOBATI SCABIES PADA KUCING

Kali ini saya akan share bagaimana cara mengobati scabies pada kucing menurut pengalaman saya sendiri.
kucingku yang terkena scabies

Penyakit kulit ini di sebabkan oleh parasit sarcoptes scabiei. Tungau scabies ini berukuran sangat kecil (0.2-0.4 mm), hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau kaca pembesar. Kucing yang terkena penyakit ini biasanya diawali dengan rontoknya bulu disekitar telinga kucing. Terdapat penumpukan kulit mati / kerak tebal berwarna putih keabuan disekitar daun telinga. Penumpukan kulit mati ini, di sebabkan invasi parasit sarcoptes scabiei tersebut pada lapisan di bawah kulit. Rasa gatal yang timbul menyebabkan kucing sering menggaruk-garuk. Penyakit bisa cepat menyebar ke daerah sekitar wajah, leher, hidung dan kelopak mata.

Seluruh siklus hidup tungau ini berada di tubuh induk semangnya. Tungau betina menggali dan melubangi kulit kemudian bertelur beberapa kali sambil terus menggali saluran-saluran dalam kulit induk semangnya. Lubang-lubang dalam kulit yang digali seekor tungau betina dapat mencapai panjang beberapa centimeter.

Pengobatan
setelah sembuh
Sekedar sharing pengalaman pribadi, kucing-kucingku yang pernah terkena scabies bisa diobati hanya dengan minyak zaitun. Awalnya aku bingung, bagaimana cara mengobatinya. namun,setelah aku membaca khasiat minyak zaitun yang dapat mengobati berbagai penyakit kulit, akupun mencobanya. Awalnya aku ragu, karena di saat aku browsing di internet, belum pernah ada web/blog yang menyarankan pengobatan menggunakan minyak zaitun. Namun, setelah aku mencobanya.  Alhamdulillah, ternyata berhasil!! :D
Caranya : usapkan minyak zaitun di bagian tubuh kucing yang terkena scabies dan sekitarnya agar tidak menular ke bagian tubuh yang lain (termasuk tangan dan kaki). Tapi ingat! setelah mengoleskannya, kamu harus mencuci tangan agar tidak tertular. Lakukan hal ini setiap hari secara teratur, lakukan hal yang sama pada kucingmu yang lain. setelah diberi minyak zaitun, mungkin si kucing akan merasa gatal atau perih. Saat menggaruk, kulit2 matinya akan berjatuhan. Pengobatan ini mungkin akan membutuhkan waktu kira-kira 3-5 minggu. atau mungkin bisa lebih cepat, bila diatasi saat si kucing belum terlalu parah.
namun, ada juga cara lain, diantaranya :
  • Mandi dengan shampo yang mengandung sulfur. Mandikan kucing dengan shampoo/sabun yang mengandung sulfur, kemudian dicelup (dip) dengan cairan sulfur 2-3 %. Bilas dan rendam tubuh kucing yang sakit selama 10–15 menit. Ulangi cara ini 2–3 kali dengan interval waktu satu minggu sampai sembuh. Mandi dan dip sulfur dilakukan setiap tujuh hari sampai sembuh. Setidaknya diperlukan 6-8 kali mandi hingga penyakit sembuh.
  • Sebelum diobati bagian luka dioles dahulu dengan alkohol 70 %. Alkohol dapat membunuh tungau penyebab penyakitnya.
  • Salep yang mengandung Permethrin 5%, Gamexane (gama Benzene Hexachloride) 1%, atau derma tech. Obat ini efektif dan aman digunakan dalam terapi manajemen scabies. Permethrin 5% cream bisa diaplikasikan sekali untuk 12 jam atau sulfur 5% – 6% dalam petrolatum diaplikasikan setiap malam selama 3 malam. Pasien akan terus mengalami gatal-gatal selama beberapa minggu setelah pengobatan. Bisa digunakan triamcolone 0,1% cream untuk mengobati dermatitisnya.
  • Memberikan suntikan anti scabiesis. Obat yang disuntikkan adalah obat golongan avermectin, seperti ivermectin, doramectin atau selamectin. Penyuntikan dilakukan dua kali dengan selang waktu dua minggu. Penyuntikkan ini harus juga dilakukan pada kucing lainnya apabila terdapat beberapa ekor kucing dalam rumah. Meskipun kucing yang lain tidak terkena penyakit. Apabila kucing yang lain tidak diberi suntikan, ada kemungkinan terjadi infeksi ulang dari kucing yang lain yang tidak diobati, yang menyebabkan penyembuhan menjadi tidak pernah tuntas.
Pencegahan
Kucing rumahan biasanya jarang terkena penyakit scabiesis ini. Dengan perawatan yang baik dan kebersihan kucing serta tempat dan peralatan yang dipergunakannya terjaga kebersihannya akan meninimalisir kucing terjangkit penyakit ini. Sehingga sejauh mungkin kucing rumah Anda diupayakan tidak berhubungan dengan kucing liar terlebih lagi kucing yang telah terjangkit penyakit.
Karena menurut pengalamanku pribadi, kucingku terinfeksi karena tertular oleh kucing liar di sekitar rumah.

Tahap - tahap
Sebelum Pengobatan


4 april 2011, gejala awal.

9 Mei

20 Juni


Setelah diobati
18 Agustus , sedikit demi sedikit, keraknya hilang.



8 September


31 Oktober



Semoga Bermanfaat :D

31 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih untuk informasinya.. sekarang saya sedang mencoba mengobati kucing saya yang sepertinya terkena scabies.. tapi, setelah dioles ke bagian yang terkena scabies, sering dijilat kembali.. jadinya, tiba-tiba kucing saya jadi diare karna ngejilat minyak zaitunnya.. apa memang seperti itu? berapa lama diarenya? saya jadi kasian juga mau ngobatin dia pake minyak zaitun klo kucingnya diare dan kayaknya terasa perih juga buat kucingnya..

rizkanaya mengatakan...

setau saya minyak zaitun gak ada efek sampingnya. kucing merasa risih kalo kena minyak jangankan minyak, air saja langsung dijilatin. bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa (special virgin coconut oil) kedua minyak ini bagus dikonsumsi baik diminum maupun di oles. tidak hanya menyembuhkan scabies pada kucing tetapi saya menggunakannya untuk mengeringkan bekas jerawat dan membantu mengeringkan luka lecet

nana radcliffe mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ceria Fussy mengatakan...

terima kasih infonya, kucing saya kena penyakit ini dan minggu lalu sudah di suntik n ada obat tetes melalui telinga. Sempat sembuh tapi kambuh lagi sekarang, mau dibawa ke dokter agak ragu soalnya kemarin waktu disuntik ia sempat trauma n takut lihat orang pakai baju putih-putih seperti dokter. Saya akan coba dg minyak zaitun..thx akan saya update kalau ada perkembangan. Kucingku tdk pernah keluar rumah, tetapi memang sering ada kucing lain dan masuk untuk cari makan dari kucingku.

Anonim mengatakan...

kalau saya ngobatinnya pkek minyak tanah .
gmnaa menurut anda , apakah benar penanganan ittu ?

Mia_Mizuki mengatakan...

terimakasih kembali krn sdh berkunjung di blog saya.. :D
pnyakit scabies mmang mudah skali menular. shingga, si meong harus dirawat n dijaga sebaik"nya, terutama kebersihannya.. mungkin si meong kambuh penyakitnya krna tertular dg kucing lain itu. sebaiknya, kucing lain yg dekat dg si meong juga diberi pengobatan dan perawatan yg sama dg si meong, supaya tidak menular lagi.. :D

Astri Sulastri mengatakan...

kucing saya sepertinya terkena scabies jg. saya sudah coba mengoleskan minyak zaitun disekitar area yg terkenanya dan sudah berlangsung 3 hari. saya mau tanya reaksi yg timbulkan biasanya apa saja? skrg d area yg gatal2nya lukanya kering, tp hampir di semua bagian daun telinganya muncul kulit yg mengelupas seperti ketombe. itu menandakan apa ya?

Mia_Mizuki mengatakan...

apakah kulit yang mengelupas itu berjatuhan?

biasanya setelah dikasih minyak zaitun, si kucing akan menggaruk area yang terkena scabies karena merasa gatal dan risih.. setelah digaruk, kulit" mati yang mengelupas itu akan berjatuhan. itu tandanya si kucing sedang dalam proses penyembuhan. Dianjurkan mengoleskan minyak zaitunnya secara rutin. karena scabies mudah menular ke daerah sekitar lainnya.
kalau saya dulu, supaya scabiesnya nggak nyebar ke tubuh kucing yg lain, seluruh tubuh kucing saya olesi minyak zaitun. terutama tangan, kaki, telinga, daerah yg terkena scabies juga sekitarnya.

Mia_Mizuki mengatakan...

salah...
karena kalau kucingnya menjilat minyak tanah, itu tidak baik untuk kucing. mungkin pencernaanya akan terganggu. dan lebih parah lagi, si kucing bisa keracunan lalu mati.

Mia_Mizuki mengatakan...

setuju..

Astri Sulastri mengatakan...

benar, kulit kering yg mengelupasnya berjatuhan ketika s kucing menggaruk. saya cuma mengoleskan hanya disekitar yg kena'ny sja. harus smua y biar gk nyebar... ini jga s kulit yg mengelupasnya nambah k bagian bawah kepalanya, kaya ketombe yg tebel nempel d kulit... kucing sy sneng main d luar rumah.. klo di oles minyak zaitun otomatis bulunya jd mudah kena debu dan nempel,, klo dimandikan gk papa itu? bingung nieh harus gmna ya.. klo k dokter mahal gk ya..

Anonim mengatakan...

kayaknya scabies lagi mewabah ya..kucing saya juga nih. :( kucing saya malah bagian kupingnya udah luka, karna dia sering garuk2 gemes gitu, jadi aja luka :((
tapi coba dulu deh pake minyak zaitun, kebetulan ada dirumah. makasih ya infonya..mudah2an bisa sembuh.
tapi scabies ini ada pengaruh dari makanan gak sih?

Mia_Mizuki mengatakan...

semoga cepet sembuh... GWS :D
setahu saya penyakit kulit tidak ada pengaruh dr makanan, krn itu pengaruh dr luar tubuh, bukan dlm tubuh..

Mia_Mizuki mengatakan...

kalau saya dulu, kucingku gak tak mandiin, krn dr slh satu sumber yg saya baca, air liur kucing itu malah lebih bersih... :D
biasanya kucing akan menjilat tubuhnya sendiri kalo merasa risih atau kotor..

entahlah... saya g tau kalo ke dokter mahal apa gak.. kayaknya sih mahal.. :o
oiya, selain minyak zaitun juga bisa pakai salep scabies... bisa dibeli di apotik... :)

Kyon mengatakan...

Kucing saya juga kena scabies nih, kalau boleh tau minyak zaitunnya merk apa ya soalnya sudah banyak yg beredar, takut salah beli.

Mia_Mizuki mengatakan...

yang penting minyak zaitun herbal bukan yang kecantikan... ;)
saya lupa merknya apa.. hehe... ^_^

trimbiel mengatakan...

thank you infonya zaitun atau vco tak coba semua aja...

Anonim mengatakan...

kalo minyak zaitun mustika ratu bisa ga?kucing saya juga kena scabies ni,ketiak nya udah ada jamur lagi

Mia Hikaru mengatakan...

kalo bisa, yg herbal..
minyak zaitun mustika ratu,, itu untuk kecantikan, kan?

Mia Hikaru mengatakan...

oke

Galihhouse mengatakan...

salam knal.
kucing sya jg skrg trkna scabies. saya udh bli salepnya. mslhnya swaktu sudh di salepin, kucing sya malah jilatin, apa ga akan ada efek sampingnya dg kondisi tubhnya ? kbtulan salep scabies yg sya bli ada aroma terapinya ..mohon penjelasannya...

Anonim mengatakan...

kucing saya gatal-gatal daerah leher, gatal2nya membentuk garis panjang mengelilingi leher. apa itu scabies juga??

Anonim mengatakan...

terimakasih, sangat memebantu... tadinya saya kebingungan ... saya obati pakai betadin dan obat anti alergi masih saja sama.

Alya Starleta mengatakan...

iya itu mungkin bisa jadi,,

Anonim mengatakan...

makasi infonya min he, btw minyak zaitunnya yg ky gmn y, kalo dikasi minyak zaitun yang buat masak gt bisa ga? trus mimin ngobatinnya hny pk minyak zaitun aja ato dgn salep scabies, mandi sulfur ama disuntik invermectin juga ga?

bucik wijayanti mengatakan...

kucing saya juga mengalami gatal2 pada kulit telinganya entah itu scabies atau bukan krn cuping telinganya brutusan , gatal dan kasar , Efek penyakit itu bulu telinganya rontok dan botak akibat digaruk2 sampai lecet dan berdarah ..awalnya bingung dan kasian ..tp sementara saya kasih minyak kayu putih untuk mengurangi gatalnya , krn masih di garuk terus jelang bbrp menit saya kasih salep utk obat herpes "acyclovir" yg biasa dipakai untuk obat cacar , setelah agak lama saya berikan cairan caladine ..cukup mujarap krn si cipus gak garuk2 lagi ...krn pemberian obat tsb di cuping telinga si cipus gak bisa langsung jilat2 ... shg obat bisa nempel lama . .

Anonim mengatakan...

benar td malam aku cb pakai minyak zaitun dan obat semprot anti jamur scabiesnya mulai hilang tnggal sedikit aja.thank atas infonya

Anonim mengatakan...

apakah scabies bisa menimbulkan kelumpuhan ? kucing saya tiba2 susah jalan seperti lumpuh. setelah saya perhatikan ada koreng dibagian pangkal ekor (punggung). apakah itu scabies ?

Arinadi Nur Rohmad mengatakan...

mahalan mana salep scabies dengan VCO? saya nemu kucing kecil kena scabies tapi belum parah.. masing di kuping doang.. kasian kalo ga diobati..

Anonim mengatakan...

pakai selep itu jg bisa kak?

Alya Starleta mengatakan...

sama-sama :)

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar