Posted by : Alya Starleta Saturday 15 August 2015


BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Indonesia memiliki beraneka ragam seni dan budaya yang tersebar di seluruh pelosok nusantara.Salah satu Kota yang memiliki kebudayaan khas yang masih kental hingga sekarang yaitu Kota Yogyakarta.

Kota Yogyakarta atau bisa juga disebut dengan Kota Jogja ini merupakan kota yang terkenal dengan keindahan corak warisan budayanya. Selain itu, Kota Jogja juga memiliki pesona alam yang elok berupa pegunungan dan deretan Pantai di pesisir Selatan.Salah satunya adalah Pantai Indrayanti yang kata orang, pantai ini mirip dengan Pantai Kuta di Bali.Selain pegunungan dan pantai,  hamparan sawah yang luas dan angin sejuk yang berhembus sepoi – sepoi serta masyarakat yang ramah tamah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak heran bila banyak wisatawan mancanegara maupun domestik datang berkunjung ke Kota ini.
Dari latar belakang tersebut, penulis ingin melakukan sebuah penelitian dan menyaksikan sendiri keindahan dari kota Jogja ini khususnya di daerah Gunungkidul.Dengan mengunjungi Pantai Pulang Syawal atau bisa disebut juga Pantai Indrayanti.
1.2     Perumusan Masalah
         1.    Dimana lokasi Pantai Indrayanti?
         2.    Bagaimana asal – usul namaPantai Indrayanti?
         3.    Apa daya tarik dari Pantai Indrayanti yang dapat mengundang banyak wisatawan datang?
         4.    Fasilitas apa saja yang tersedia untuk wisatawan yang berkunjung di pantai Indrayanti?

1.3     Tujuan Penulisan
1.    Mengetahui letak Pantai Indryanti.
2.    Mengetahui asal – usul namaPantai Indrayanti.
3.    Mengetahui daya tarik dari Pantai Indrayanti.
4.    Mengetahui fasilitas yang tersedia di Pantai Indrayanti.
1.4     Manfaat Penulisan
Manfaat dari penulisan laporan ini adalah :
1.      Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.
2.      Mengenal lebih dekat tentang pesona alam yang ada di Indonesia.
3.      Menumbuhkan rasa cinta tanah air.
1.5     SistematikaPenulisan
BAB I PENDAHULUAN
1.1     LATAR BELAKANG MASALAH
1.2     PERUMUSAN MASALAH
1.3     TUJUAN PENELITIAN
1.4     MANFAAT PENELITIAN
1.5     SISTEMATIKA PENULISAN
BAB II LANDASAN TEORI
2.1   DESKRIPSI PANTAI INDRAYANTI
2.2   ASAL-USUL PANTAI INDRAYANTI
2.3   FASILITAS PANTAI INDRAYANTI
BAB III METODE PEULISAN
3.1   METODE PENULISAN
3.2   TEMPAT DAN WAKTU PENULISAN
BAB IV PEMBAHASAN
BAB V PENUTUP
5.1   KESIMPULAN
5.2   SARAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1         Pengertian Pantai
Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara.Definisi lain menyebutkan pantai adalah sebuah wilayah yang menjadi batas antara lautandan daratan, bentuk pantai berbeda-beda sesuai dengan keadaan, proses yang terjadi di wilayah tersebut, seperti pengangkutan, pengendapan dan pengikisan yang disebabkan oleh gelombang, arus, angin dan keadaan lingkungan disekitarnya yang berlangsung secara terus menerus, sehingga membentuk sebuah pantai.
Menurut koreksi PBB tahun 2008, Indonesia merupakan negara berpantai terpanjang keempat di dunia setelah Amerika Serikat (AS), Kanada dan Rusia. Panjang garis pantai Indonesia tercatat sebesar 95.181 km.
2.2         Manfaat Pantai
Manfaat pantai sangat banyak, pantai pasti memiliki manfaat untuk kehidupan, terutama daerah tropis pantai yang dapat dimanfaatkan manusia untuk banyak hal, diantaranya :
1.    Objek pariwisata
2.    Daerah pertanian pasang surut
3.    Areal tambak garam
4.    Wilayah perkebunan kelapa dan pisang
5.    Daerah pengembangan industri kerajinan rakyat bercorak khas daerah pantai, dan lain-lain.
Pantai juga memiliki ekosistem, ekosistem pantai adalah ekosistem yang ada di wilayah perbatasan antara air laut dan daratan, dalam ekosistem pantai terdapat komponen biotik dan komponen abiotik.Komponen biotik pantai terdiri dari tumbuhan dan hewan yang hidup di daerah pantai, sedangkan komponen abiotik pantai terdiri dari gelombang, arus, angin, pasir, batuan dan sebagainya.
Hutan Mangrove adalah salah satu contoh ekosistem di daerah pantai.Di daerah hutan mangrove hidup berbagai jenis hewan seperti kera, kepiting, ular dan udang.Hutan mangrove dapat berfungsi menahan abrasi air laut.







BAB III
METODE PENELITIAN
3.1    Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan adalah :
a.    Metode Observasi/ Pengamatan
Metode observasi adalah metode penelitian dengan cara mengunjungi secara langsung objek yang akan di teliti.Dengan metode ini penulis mengadakan pengamatan langsung tentang obyek wisata Pantai Indrayanti pada tanggal 18 Desember 2013.
b.    Metode Literatur 
Metode literatur adalah metode penelitian dengan menggunakan media internet.Melalui metode ini penulis mengumpulkan data dari alamat-alamat website yang berisi informasi mengenai obyek wisata yang penulis kunjungi yaitu Pantai Indrayanti.
3.2    TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
Kunjungan ke objek wisata Pantai Indrayanti  ini di laksanakan pada hari Rabu, 18 Desember 2013. Letak pantai ini di sebelah timur Pantai Sundak lebih tepatnya berlokasi di kecamatan Tipus, kabupaten Gunungkidul.




BAB IV
PEMBAHASAN
Pantai Indrayanti terletak di Yogyakarta tepatnya sebelah timur Pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Meskipun pantai ini belum lama dikenal oleh masyarakat, namun Pantai Indrayanti memiliki keindahan yang tidak kalah dibandingkan dengan pantai-pantai sekitar daerah Gunungkidul lainnya. 
Asal-usul dari nama Indrayanti sebenarnya bukan dari nama Pantai itu sendiri karena pantai itu sebenarnya bernama Pulang Syawal. Nama Indrayanti berasal dari namasalah satu pemilik kafe di pantai tersebut dan nama ini sendiri pernah menuai kontroversi di kalangan pengunjung.Namun karena nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat disekitar menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan pemerintah Gunung Kidul memberi nama pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal.
Pantai Indrayanti memiliki daya tarik yang cukup besar dan kuat bagi para wisatawan. Hal ini karena beberapa hal, yaitu :
-          Memiliki keindahan yang alami.
Hamparan pasir putih yang bersih, deburan ombak yang begitu indah, serta batu karang dan dilengkapi dengan warna pantai yang biru juga bersih membuat wisatawan tak ragu lagi untuk menjadikan pantai ini sebagai tempat wisata tujuan.
-          Memiliki fasilitas yang cukup baik.
Tak hanya indah, fasilitas yang ada di pantai ini cukup baik. Diantaranya, ada beberapa warung yang menyiapkan saung menghadap pantai sehingga jika lapar atau malas berjalan, wisatawan dapat memesan makanan dan kelapa muda di dalam saung sambil menikmati pemandangan pantai atau


suasana matahari terbenam. Ada juga penyewaan payung yang memuaskan wisatawan agar bisa berteduh dari terik matahari yang mencorong sambil menikmati bekal yang dibawa.Selain itu, ada juga penyewaan jetski jika ingin menjelejah pantai dan juga beberapa penginapan bagi yang ingin menginap. Dan, yang paling penting, tersedianya kamar mandi umum yang bersih dan lengkap sehingga memudahkan wisatawan yang ingin mandi atau membersihkan badan setelah bermain di pantai.
-          Murahnya harga tiket masuk.
Harga tiket masuk di pantai ini sangat murah dan terjangkau, hanya berkisar antara Rp 4000,00 hingga Rp 5000,00.

Fasilitas – fasilitas yang tersedia di Pantai Indrayanti adalah:
-          Saung yang menghadap ke pantai.
Ada beberapa warung yang menyiapkan saung menghadap pantai sehingga jika lapar atau malas berjalan, wisatawan dapat memesan makanan dan kelapa muda di dalam saung sambil menikmati pemandangan pantai atau suasana matahari terbenam.
-          Penyewaan payung.
Hal ini memuaskan wisatawan agar bisa berteduh dari terik matahari yang mencorong sambil menikmati bekal yang dibawa.
-          Penyewaan jetski.
Jika ingin menjelejah pantai dan juga beberapa penginapan bagi yang ingin menginap.Pengunjung bisa menyewa  Jetski yang tersedia.
-          Kamar mandi umum.
Tersedianya kamar mandi umum yang bersih dan lengkap sehingga memudahkan wisatawan yang ingin ganti baju atau membersihkan badan setelah bermain di pantai.



BAB V
PENUTUP
5.1  Kesimpulan
Setelah penulis menguraikan panjang lebar tentang objek wisataPantai Indrayanti, maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
·         Asal-usul dari nama Indrayanti bukan dari nama Pantai itu sendiri melainkan, berasal dari nama Cafe yang berada di pantai terebut. Dan masyarakat sekitar menyebut pantai ini dengan nama itu. Padahal pemerintah Gunungkidul memberi nama pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal.
·         Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih seperti Pantai Kuta di Bali. Masyarakat sesekali membandingkan kalau kedua pantai itu mirip.
·         Pesona alam yang indah, fasilitas yang cukup baik, serta kebersihan yang terjaga membuat wisatawan tak bosan berkunjung ke pantai ini.
5.2  SARAN
Sebagai generasi muda Indonesia, penulis menyarankan kepada masyarakat agar terus menjaga kebersihan dan fasilitas yang ada di tempat wisata dengan baik. Agar wisatawan tak enggan datang dan merasa nyaman di tempat wisata tersebut. Karena itu merupakan salah satu sumber devisa bagi kota Jogja sendiri.




{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. Tidak banyak dikunjungi wisatawan??...helloo..ni tulisan dibuat jaman apa sih? Dari semua pantai-pantai di Gunungkidul pantai mana yg paling dijejali pengunjung? Ya Indrayanti lah...wong pengunjungnya sampai berjubel begitu..parkiran ramai bgt..apalagi weekend atau masa liburan..walah cari parkiran sulit terutama mobil, cottage/penginapan penuh semua. Maaf ya, nih penelitian datanya gak valid n gak akurat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sebelumnya,, memang benar karya tulis ini saya buat sudah lama sekali. saya lupa... hehe, maaf atas kelalaian saya karena saya hanya copas dari tugas saya dulu, dan tidak membacanya terlebih dahulu.. terimakasih sudah mengingatkan, akan saya perbaiki :) :D

      Delete

- Copyright © Hikaru's Blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -