Posted by : Alya Starleta Wednesday 16 May 2012

Kali ini saya akan share bagaimana cara mengobati scabies pada kucing menurut pengalaman saya sendiri.
kucingku yang terkena scabies

Penyakit kulit ini di sebabkan oleh parasit sarcoptes scabiei. Tungau scabies ini berukuran sangat kecil (0.2-0.4 mm), hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau kaca pembesar. Kucing yang terkena penyakit ini biasanya diawali dengan rontoknya bulu disekitar telinga kucing. Terdapat penumpukan kulit mati / kerak tebal berwarna putih keabuan disekitar daun telinga. Penumpukan kulit mati ini, di sebabkan invasi parasit sarcoptes scabiei tersebut pada lapisan di bawah kulit. Rasa gatal yang timbul menyebabkan kucing sering menggaruk-garuk. Penyakit bisa cepat menyebar ke daerah sekitar wajah, leher, hidung dan kelopak mata.

Seluruh siklus hidup tungau ini berada di tubuh induk semangnya. Tungau betina menggali dan melubangi kulit kemudian bertelur beberapa kali sambil terus menggali saluran-saluran dalam kulit induk semangnya. Lubang-lubang dalam kulit yang digali seekor tungau betina dapat mencapai panjang beberapa centimeter.

Pengobatan
setelah sembuh
Sekedar sharing pengalaman pribadi, kucing-kucingku yang pernah terkena scabies bisa diobati hanya dengan minyak zaitun. Awalnya aku bingung, bagaimana cara mengobatinya. namun,setelah aku membaca khasiat minyak zaitun yang dapat mengobati berbagai penyakit kulit, akupun mencobanya. Awalnya aku ragu, karena di saat aku browsing di internet, belum pernah ada web/blog yang menyarankan pengobatan menggunakan minyak zaitun. Namun, setelah aku mencobanya.  Alhamdulillah, ternyata berhasil!! :D
Caranya : usapkan minyak zaitun di bagian tubuh kucing yang terkena scabies dan sekitarnya agar tidak menular ke bagian tubuh yang lain (termasuk tangan dan kaki). Tapi ingat! setelah mengoleskannya, kamu harus mencuci tangan agar tidak tertular. Lakukan hal ini setiap hari secara teratur, lakukan hal yang sama pada kucingmu yang lain. setelah diberi minyak zaitun, mungkin si kucing akan merasa gatal atau perih. Saat menggaruk, kulit2 matinya akan berjatuhan. Pengobatan ini mungkin akan membutuhkan waktu kira-kira 3-5 minggu. atau mungkin bisa lebih cepat, bila diatasi saat si kucing belum terlalu parah.
namun, ada juga cara lain, diantaranya :
  • Mandi dengan shampo yang mengandung sulfur. Mandikan kucing dengan shampoo/sabun yang mengandung sulfur, kemudian dicelup (dip) dengan cairan sulfur 2-3 %. Bilas dan rendam tubuh kucing yang sakit selama 10–15 menit. Ulangi cara ini 2–3 kali dengan interval waktu satu minggu sampai sembuh. Mandi dan dip sulfur dilakukan setiap tujuh hari sampai sembuh. Setidaknya diperlukan 6-8 kali mandi hingga penyakit sembuh.
  • Sebelum diobati bagian luka dioles dahulu dengan alkohol 70 %. Alkohol dapat membunuh tungau penyebab penyakitnya.
  • Salep yang mengandung Permethrin 5%, Gamexane (gama Benzene Hexachloride) 1%, atau derma tech. Obat ini efektif dan aman digunakan dalam terapi manajemen scabies. Permethrin 5% cream bisa diaplikasikan sekali untuk 12 jam atau sulfur 5% – 6% dalam petrolatum diaplikasikan setiap malam selama 3 malam. Pasien akan terus mengalami gatal-gatal selama beberapa minggu setelah pengobatan. Bisa digunakan triamcolone 0,1% cream untuk mengobati dermatitisnya.
  • Memberikan suntikan anti scabiesis. Obat yang disuntikkan adalah obat golongan avermectin, seperti ivermectin, doramectin atau selamectin. Penyuntikan dilakukan dua kali dengan selang waktu dua minggu. Penyuntikkan ini harus juga dilakukan pada kucing lainnya apabila terdapat beberapa ekor kucing dalam rumah. Meskipun kucing yang lain tidak terkena penyakit. Apabila kucing yang lain tidak diberi suntikan, ada kemungkinan terjadi infeksi ulang dari kucing yang lain yang tidak diobati, yang menyebabkan penyembuhan menjadi tidak pernah tuntas.
Pencegahan
Kucing rumahan biasanya jarang terkena penyakit scabiesis ini. Dengan perawatan yang baik dan kebersihan kucing serta tempat dan peralatan yang dipergunakannya terjaga kebersihannya akan meninimalisir kucing terjangkit penyakit ini. Sehingga sejauh mungkin kucing rumah Anda diupayakan tidak berhubungan dengan kucing liar terlebih lagi kucing yang telah terjangkit penyakit.
Karena menurut pengalamanku pribadi, kucingku terinfeksi karena tertular oleh kucing liar di sekitar rumah.

Tahap - tahap
Sebelum Pengobatan


4 april 2011, gejala awal.

9 Mei

20 Juni


Setelah diobati
18 Agustus , sedikit demi sedikit, keraknya hilang.



8 September


31 Oktober



Semoga Bermanfaat :D

{ 106 comments... read them below or Comment }

  1. terima kasih untuk informasinya.. sekarang saya sedang mencoba mengobati kucing saya yang sepertinya terkena scabies.. tapi, setelah dioles ke bagian yang terkena scabies, sering dijilat kembali.. jadinya, tiba-tiba kucing saya jadi diare karna ngejilat minyak zaitunnya.. apa memang seperti itu? berapa lama diarenya? saya jadi kasian juga mau ngobatin dia pake minyak zaitun klo kucingnya diare dan kayaknya terasa perih juga buat kucingnya..

    ReplyDelete
  2. setau saya minyak zaitun gak ada efek sampingnya. kucing merasa risih kalo kena minyak jangankan minyak, air saja langsung dijilatin. bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa (special virgin coconut oil) kedua minyak ini bagus dikonsumsi baik diminum maupun di oles. tidak hanya menyembuhkan scabies pada kucing tetapi saya menggunakannya untuk mengeringkan bekas jerawat dan membantu mengeringkan luka lecet

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih, sangat memebantu... tadinya saya kebingungan ... saya obati pakai betadin dan obat anti alergi masih saja sama.

      Delete
    2. Hmm... jadi minyak zaitun ga ngefek ya kak? Beberapa sumber soalnya bilangnya gt sih.. td saya juga habis baca cara mengobati kucing yang terkena scabies tapi sepertinya paling cepet ya suntik sih...

      Delete
    3. Pake minyak vco bisa sembuh ya kak?

      Delete
    4. Pake minyak vco bisa sembuh ya kak?

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. terima kasih infonya, kucing saya kena penyakit ini dan minggu lalu sudah di suntik n ada obat tetes melalui telinga. Sempat sembuh tapi kambuh lagi sekarang, mau dibawa ke dokter agak ragu soalnya kemarin waktu disuntik ia sempat trauma n takut lihat orang pakai baju putih-putih seperti dokter. Saya akan coba dg minyak zaitun..thx akan saya update kalau ada perkembangan. Kucingku tdk pernah keluar rumah, tetapi memang sering ada kucing lain dan masuk untuk cari makan dari kucingku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali krn sdh berkunjung di blog saya.. :D
      pnyakit scabies mmang mudah skali menular. shingga, si meong harus dirawat n dijaga sebaik"nya, terutama kebersihannya.. mungkin si meong kambuh penyakitnya krna tertular dg kucing lain itu. sebaiknya, kucing lain yg dekat dg si meong juga diberi pengobatan dan perawatan yg sama dg si meong, supaya tidak menular lagi.. :D

      Delete
  5. kalau saya ngobatinnya pkek minyak tanah .
    gmnaa menurut anda , apakah benar penanganan ittu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah...
      karena kalau kucingnya menjilat minyak tanah, itu tidak baik untuk kucing. mungkin pencernaanya akan terganggu. dan lebih parah lagi, si kucing bisa keracunan lalu mati.

      Delete
    2. minyak tawon bisa dioleskan pada bagian yang sakit pada kucing, gak butuh waktu lama, luka atau sakit kulit pada kucing biasanya dah sembuh, ini pengalaman saya, ..

      Delete
  6. kucing saya sepertinya terkena scabies jg. saya sudah coba mengoleskan minyak zaitun disekitar area yg terkenanya dan sudah berlangsung 3 hari. saya mau tanya reaksi yg timbulkan biasanya apa saja? skrg d area yg gatal2nya lukanya kering, tp hampir di semua bagian daun telinganya muncul kulit yg mengelupas seperti ketombe. itu menandakan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah kulit yang mengelupas itu berjatuhan?

      biasanya setelah dikasih minyak zaitun, si kucing akan menggaruk area yang terkena scabies karena merasa gatal dan risih.. setelah digaruk, kulit" mati yang mengelupas itu akan berjatuhan. itu tandanya si kucing sedang dalam proses penyembuhan. Dianjurkan mengoleskan minyak zaitunnya secara rutin. karena scabies mudah menular ke daerah sekitar lainnya.
      kalau saya dulu, supaya scabiesnya nggak nyebar ke tubuh kucing yg lain, seluruh tubuh kucing saya olesi minyak zaitun. terutama tangan, kaki, telinga, daerah yg terkena scabies juga sekitarnya.

      Delete
    2. benar, kulit kering yg mengelupasnya berjatuhan ketika s kucing menggaruk. saya cuma mengoleskan hanya disekitar yg kena'ny sja. harus smua y biar gk nyebar... ini jga s kulit yg mengelupasnya nambah k bagian bawah kepalanya, kaya ketombe yg tebel nempel d kulit... kucing sy sneng main d luar rumah.. klo di oles minyak zaitun otomatis bulunya jd mudah kena debu dan nempel,, klo dimandikan gk papa itu? bingung nieh harus gmna ya.. klo k dokter mahal gk ya..

      Delete
    3. kalau saya dulu, kucingku gak tak mandiin, krn dr slh satu sumber yg saya baca, air liur kucing itu malah lebih bersih... :D
      biasanya kucing akan menjilat tubuhnya sendiri kalo merasa risih atau kotor..

      entahlah... saya g tau kalo ke dokter mahal apa gak.. kayaknya sih mahal.. :o
      oiya, selain minyak zaitun juga bisa pakai salep scabies... bisa dibeli di apotik... :)

      Delete
  7. kayaknya scabies lagi mewabah ya..kucing saya juga nih. :( kucing saya malah bagian kupingnya udah luka, karna dia sering garuk2 gemes gitu, jadi aja luka :((
    tapi coba dulu deh pake minyak zaitun, kebetulan ada dirumah. makasih ya infonya..mudah2an bisa sembuh.
    tapi scabies ini ada pengaruh dari makanan gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga cepet sembuh... GWS :D
      setahu saya penyakit kulit tidak ada pengaruh dr makanan, krn itu pengaruh dr luar tubuh, bukan dlm tubuh..

      Delete
  8. Kucing saya juga kena scabies nih, kalau boleh tau minyak zaitunnya merk apa ya soalnya sudah banyak yg beredar, takut salah beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting minyak zaitun herbal bukan yang kecantikan... ;)
      saya lupa merknya apa.. hehe... ^_^

      Delete
  9. thank you infonya zaitun atau vco tak coba semua aja...

    ReplyDelete
  10. kalo minyak zaitun mustika ratu bisa ga?kucing saya juga kena scabies ni,ketiak nya udah ada jamur lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bisa, yg herbal..
      minyak zaitun mustika ratu,, itu untuk kecantikan, kan?

      Delete
    2. jangan yang kecantikan kakak, kulit kucing beda dengan manusia, nanti malah bisa jadi racun klo ke jilat. coba deh cari d mall insyallah ada. evoo (extra virgin olive oil) adalah produk perasan zaitun terbaik.

      Delete
    3. Apakah sama dengan zaitun estra virgin oliv oil itu..dr PT hpai

      Delete
  11. salam knal.
    kucing sya jg skrg trkna scabies. saya udh bli salepnya. mslhnya swaktu sudh di salepin, kucing sya malah jilatin, apa ga akan ada efek sampingnya dg kondisi tubhnya ? kbtulan salep scabies yg sya bli ada aroma terapinya ..mohon penjelasannya...

    ReplyDelete
  12. kucing saya gatal-gatal daerah leher, gatal2nya membentuk garis panjang mengelilingi leher. apa itu scabies juga??

    ReplyDelete
  13. makasi infonya min he, btw minyak zaitunnya yg ky gmn y, kalo dikasi minyak zaitun yang buat masak gt bisa ga? trus mimin ngobatinnya hny pk minyak zaitun aja ato dgn salep scabies, mandi sulfur ama disuntik invermectin juga ga?

    ReplyDelete
  14. kucing saya juga mengalami gatal2 pada kulit telinganya entah itu scabies atau bukan krn cuping telinganya brutusan , gatal dan kasar , Efek penyakit itu bulu telinganya rontok dan botak akibat digaruk2 sampai lecet dan berdarah ..awalnya bingung dan kasian ..tp sementara saya kasih minyak kayu putih untuk mengurangi gatalnya , krn masih di garuk terus jelang bbrp menit saya kasih salep utk obat herpes "acyclovir" yg biasa dipakai untuk obat cacar , setelah agak lama saya berikan cairan caladine ..cukup mujarap krn si cipus gak garuk2 lagi ...krn pemberian obat tsb di cuping telinga si cipus gak bisa langsung jilat2 ... shg obat bisa nempel lama . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai selep itu jg bisa kak?

      Delete
  15. benar td malam aku cb pakai minyak zaitun dan obat semprot anti jamur scabiesnya mulai hilang tnggal sedikit aja.thank atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak zaitun dan obat semprot anti jamurnya merk apa kak?

      Delete
    2. obat semprot scabies nya beli di mana? dan harganya berapa?

      Delete
    3. Beli di petshop...harganya 40.000 tapi lupa namanya

      Delete
  16. apakah scabies bisa menimbulkan kelumpuhan ? kucing saya tiba2 susah jalan seperti lumpuh. setelah saya perhatikan ada koreng dibagian pangkal ekor (punggung). apakah itu scabies ?

    ReplyDelete
  17. mahalan mana salep scabies dengan VCO? saya nemu kucing kecil kena scabies tapi belum parah.. masing di kuping doang.. kasian kalo ga diobati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin saya beli salep scabies sekitar 35 ribuan harganya d petshop

      Delete
  18. Keenam kucing saya kena scabies:'( ternyata benar kata mama saya, bisa pake minyak zaitun. Makasih infonyaa

    ReplyDelete
  19. Kalo di lukanya ada darahnya gpp ? Trus kalo dikasih alkohol apa nggak berontak? Kan perih buat si kucing ? Alkoholnya langsung dituang dikit2 atau pake kapas aja min ? Thx before :)

    ReplyDelete
  20. Kucing saya mengalami scabies dan ini sudah parah sudah sampai wajah dan ga mau makan, saya sebelumnya ga tau saya pikir cuma gatal biasa la kelamaan kok jadi hitam2 gitu trs badannya jadi kurus.. hari ini saya kasih VCO kira2 kucing saya bisa sembuh tidak ya? Mohon infonya.

    ReplyDelete
  21. Salep scabies klo d jilatin pus bsa bhaya gk ya??

    ReplyDelete
  22. Hai, kalo dilihat dari ceritanya pengobatan kucing yg terkena scabies makan waktu yg relatif lama ya? Dari 20 juni - 18 agustus mulai hilang keraknya. Kucing saya kena scabies di telinga, sm dr hewan diresepin seperti minyak berbau wangi dan ada sprt bubuk hitamnya gt. Hari ini perawatan hari ke 5, setiap pagi saya bersihin keraknya tp besoknya muncul lagi dst. Apa setelah dikelupas keraknya lalu diolesi memang bgtu ya? Atau saya diemin aja keraknya, biar mngelupas sendiri? Mohon bantuannya, thanks

    ReplyDelete
  23. Tanya ni min, kucing saya kena scabies.. Udah di bawa ke dokter di suntik dan mandi sehat.. Tpi knapa kucing saya jadi malas mkn ya?

    ReplyDelete
  24. Tanya ni min, kucing saya kena scabies.. Udah di bawa ke dokter di suntik dan mandi sehat.. Tpi knapa kucing saya jadi malas mkn ya?

    ReplyDelete
  25. Tanya ni min, kucing saya kena scabies.. Udah di bawa ke dokter di suntik dan mandi sehat.. Tpi knapa kucing saya jadi malas mkn ya?

    ReplyDelete
  26. salam kenal..
    kucing saya juga kena scabies, jamur, bahkan bulunya sudah rontok. bagian kaki dan ekor sudah tidak ada bulu lagi. karena saya takut untuk memberi obat yang macam-macam, jadi saya mandikan pakai rebusan sirih merah dan garam. memang belum ada hasil yang terlihat tapi kebiasaan garuk-garuknya mulai hilang. (kucing ini saya temukan di bak sampah, kemungkinan dibuang pemilik lamanya). tapi saya tidak tau mana yang harus saya obati terlebih dahulu. mohon informasinya. trims

    ReplyDelete
  27. kalo jamur biasa aja bisa ga mba pake minyak zaitun?

    ReplyDelete
  28. Klo jamur peke salep ketoconazole aja,, dan belikan tablet ketoconazole dosisnya sehari sekali separo tablet,,,

    ReplyDelete
  29. Klo jamur peke salep ketoconazole aja,, dan belikan tablet ketoconazole dosisnya sehari sekali separo tablet,,,

    ReplyDelete
  30. Hii cay lovers.Kucingku kena scabies bagian telinga dan atas mata. Pertolongan pertama yg ku berikan adalah membersihkan keraknya dulu dengan cara mengompresnya dengan air hangat. Setelah itu,lap dengan kain halus. Setelah kerak terkelupas, mulailah memberikan REVANOL untuk membersihkan lukanya dari kotoran. Bukan alkohol loh ya? Habis itu, saya kasih minyak zaitun Bertoli dan saya pijit2 sekitar 15 menit. Lalu diamkan. Bisa juga minyak zaitun dicampur dengan minyak tawon. Kasiatnya ampuh. Tidak lupa saya bawa dia ke dokter dan disuntik. Dokter memberikan obat dan salep Bioplacenton. Untuk mengompres disarankan menggunakan PK. Oh iya,shampop nya adalah Shampoo lidah buaya aja ya? Aman.

    ReplyDelete
  31. Mau tanya. itu diberi minyak zaitun / VCOnya setiap pagi atau bagaimana ya?

    ReplyDelete
  32. Mau tanya. itu diberi minyak zaitun / VCOnya setiap pagi atau bagaimana ya?

    ReplyDelete
  33. Kalau minyak kelapa asli bisa gk ya?? Bukan yg bermerek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku bisa. Manjur... tapi sebaiknya bersihkan lukanya dlu dengan air hangat atau dengan revanol. Setelah itu pijat pijat.

      Delete
  34. diberi minyak zaitun setiap hari. bisa pagi siang dan sore gak masalah. Tapi saranku sih harus tetap disuntik.

    ReplyDelete
  35. mw nanya skr sy lg ngobati 3 kitten yg kena scabies, dah tak kasih vco, trus kmrn dah disuntik ma dokt, tp trus skr pd susah mkn, gmn ya, ksian ngliatya

    ReplyDelete
  36. Sekedar sharing pengalaman pribadi, setelah baca postingan ini saya langsung mengobati kucing saya yang terkena scabies, namun belum terlalu parah baru muncul sedikit kerak ditelinga, 3 hari setelah saya olesi minyak zaitun nafsu makannya berkurang sedikit demi sedikit dan tubuh kucing saya semakin kurus, genap satu minggu saya kasih minyak zaitun, akhirnya saya berhenti karena keadaan kucing saya semakin parah dan akhirnya meninggal. Kesimpulannya, keadaan setiap kucing berbeda, jadi sebaiknya periksakan dulu ke dokter hewan agar tidak terjadi hal hap yang tidak diinginkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali. untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan, dokter hewan memang sarana terbaik untuk penyembuhan kucing kita..
      turut berduka kak Rifaky :'(

      Delete
    2. Sekedar sharing niih cat lovers..Kucing sya jg kena scabies sya kasih minyak tawon ajj..scabiesx sdh mulai berkurang..emang prnh mencret krn di jilat"itu mnyak tawonx..tpi sya kasih makan tempe di kukus..skrng udh gk mencret lge wlaupun di jilatinx..scabiesx pun sdh mulai berkurang..n jg sy kasih madu+kuning telur 2kali seminggu..bwt tenaga n nafsu makanx..

      Delete
  37. Saya mau nanya, kucing saya seperti nya terkena penyakit kulit, tetapi hanya gatal2 yang menyebabkan luka pada kulit nya, dan ditelinga nya tidak ada kerak yang tumbuh. Apakah itu juga penyakit scabies ? Mohon respon nya dan bantuan nya 😂

    ReplyDelete
  38. Saya mau nanya, kucing saya seperti nya terkena penyakit kulit, tetapi hanya gatal2 yang menyebabkan luka pada kulit nya, dan ditelinga nya tidak ada kerak yang tumbuh. Apakah itu juga penyakit scabies ? Mohon respon nya dan bantuan nya 😂

    ReplyDelete
  39. Itu bisa nular k manusianya? Selama proses penyembuhan dengan minyak zaitun kucing gaboleh deket dket manusia dong ya? Apalagi tdur di kasur kita?

    ReplyDelete
  40. kucingku juga lagi kena penyakit scabies nih, kasian liatnya sering garuk2 sampe pada botak, pengobatan yang aman seperti apa sih?mohon sarannya sekali.

    ReplyDelete
  41. Baru beberapa hari yg lalu saya bawa kucing liar yg kena scabies ke dokter. Bagian yg kena scabies adalah kuping, kepala, wajah, dan punggung bagian atas. Kucing ini nggak pernah mau main, makannya dikit, dan sukanya meringkuk di pasir. Menurut dokter, scabies ini bikin gatal dan panas.
    Sama dokter, keraknya dibersihkan sampai rontok semua, setelah itu disuntik. Kucing saya yg sehat jg saya bawa, niatnya mau disuntik sekalian buat pencegahan. Tapi setelah diperiksa sm dokter ternyata kucing saya yg sehat blm terjangkit scabies dan g perlu disuntik, cuma sebaiknya dipisah. Oleh dokter saya jg dikasih salep. Salep ini diaplikasikan ke kucing yg sakit maupun yg sehat. Salep ini aman untuk hewan, jd g masalah kalau dijilat. Kucing-kucing juga saya mandiin dua kali sehari pakai larutan dettol, krn dettol ini antibakteri.
    Scabies bisa menular ke manusia, jd kalau habis pegang kucing yg kena scabies sebaiknya segera cuci tangan pakai sabun.
    Setelah disuntik, besoknya kucing saya sudah mulai lincah bermain, makan jg banyak. Waktu pemulihan diperkiran seminggu.
    Tp kondisi ini mungkin berbeda buat tiap kucing, jd saran saya memang sebaiknya dibawa ke dokter.
    Ini biaya yg saya keluarkan buat ke dokter:
    Jasa dokter+suntik: 40 ribu
    Salep (merk well): 15 ribu
    Kandang (buat misahin, saya beli yg kecil, sekitar pxtxl=60x50x40 cm)=200 ribu

    Sebagai gambaran aja, harga tiap daerah mungkin beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju dengan pendapat mbak novita. kucing saya juga baru seminggu yg lalu terkena scabies, kupingnya kemerahan, berkerak dan gatal, badannya juga agak demam..langsung saya bawa k dokter, sama dokter disuntik 2x, untuk penyakitnya sama suntik vitamin (bayarnya 50rb sih hehe). semingguan ini sdh mulai kelihatan hasilnya, kerak di kupingnya mulai rontok dan si pus ga tllu sering garuk" lagi (kukunya juga sempat saya potong biar klo garuk kupingnya ga luka). selain dari suntikan dokter, saya juga pakein obat tetes telinga (khusus earmite) sama VCO

      Delete
    2. setuju kakk langkah paling aman dan tepat memang harus ke dokter hewan. trimakasih kak infonyaa :)

      Delete
  42. kucing ku umur 5 bulan.. dia kayanya kena scabies deh soalnya ada putih2 gitu di kupingnya, dia garuk2 sampai bulunya rontok pipinya juga merah gitu...
    kira2 pakai obat apa ya yang manjur ...? minta infonya dong soalnya aku baru pertama piara kucing

    ReplyDelete
  43. Misi min numpang nanya , kucing saya kena scabies di kuping nih.. kalo saya oles pake salep 88 juga bisa gak min?

    ReplyDelete
  44. Saran saya bawa saja ke dokter, untuk di suntik, jika kalian di daerah bandung, ada klinik hewan pemerintah, kucing saya terkena scabies lalu di bawa kesana dan hanya membayar seikhlasnya, tapi kalau di bawa ke dokter hewan biasanya bayar 60 untuk sekali suntik tapi ngga akan lebih dari 80 kok, biasanya malah kurng. Jangan takut harga, biasanya dokter hewan ngga akan mempermasalahkan biaya kok .

    ReplyDelete
  45. klo kucing saya yg betina baru 7 hari melahirkan, sebelum hamil dan sampai sekarang dia kena jamur tp seperti ketombe, makan sedikit tp sering, dan nie mau tak obati tapi bingung, mau ke dokter kasihan anaknya di tinggal, takutnya setres anaknya di matiin .... info dong

    ReplyDelete
  46. Kucing aq juga sama ni... Stress liat nya kasian... Mungkin untuk awal baea ke dokter dlu kali ya...

    ReplyDelete
  47. Kucing aku jg kena scabies daerah kepala sama pantat botak,berkerak n berdarah, jg jadi kurus. Penyebabnya krn dia kawin sm kucing liar dan semenjak hamil sampe lahiran blm pernah dimandiin khawatir air susu dsb jd gabaik,akhirnya malah nular ke anak2nya skg. Jd pendapat aku pertama bawa ke dokter buat disuntik,terus dikasih salep merk well/pake minyak tawon,ga lupa jg potong kukunya,kalo udh sembuhan mandiin pake medicate,shampo yg khusus jamur dan scabies.

    ReplyDelete
  48. Turut berduka ya,kucingku juga kayaknya kena tp blm parah...aku baru piara kucingnya,masih belajar dan kasih minyak telon semntara soalnya dirumah gak ada orang pas aku tinggal kerja,minta tolong info dokter hewan deket2 slipi or palmerah soalnya aku plg pasti dah malam dan rata2 udh tutup.makasih ya.

    ReplyDelete
  49. aku baru 1 bln dikasih temen kucing, baru ketahuan skrg ternyata di sekujur tubuhnya udah banyak banget jamur tebal seperti itu soalnya ketutup bulunya yg tebal, apa masih bisa diobati dgn minyak zaitun?

    ReplyDelete
  50. Aku baru 3 hari ini ngerawat anak kucing liar yg tiba2 ada di depan rumah. Usianya kira2 1 atau 2 bulan. Kayanya dibuang sm pemiliknya. Dan kondisinya kurus dan agak kotor. Mau di mandiin tp ko ragu tkut malah sakit. Aku liat2 kayanya ada yg aneh kotornya itu gak biasa ditelinga banyak kerak2 gtu wajahnya jg agak kotor, kaki dan ekornya jg. Dy suka garuk2 ditelinga. Akhirnya kepo trus coba2 searching penyakit kucing ketemulah artikel ini. Dan sm persis dgn kondisi si anak kucing aku. Akhirnya lgsung aku olesi minyak zaitun stelah 2 hari kerak2nya mulai rontok bareng sm bulu2nya krna digaruk2 sm si kucing. Badannya jg agak demam.. dy gak mau makan. Aku gak kasih dy keluar kandang krn rmh ku lg di renov jd agak berdebu. Sengaja aku gak keluarin krn tkut nular jg sm kucing peliharaan aku, kayanya dy jg mulai garuk2. Jd aku kasih minyak zaitun jg supaya gak ketular. Semoga cipuy(ank kucingku) cpt sembuh, dan tumbuh sehat.


    ReplyDelete
  51. Kucingku juga kayaknya kena scabies juga. Dari kemaren2 suka garuk garuk telinga terus nafsu makannya jyga berkurang. Baru ketahuan tadi siang ada luka dibagian telinga juga ada sedikit darah, mungkin sih efek kegaruk2 kuku. Nah kebetulan pas searching nemu artikel ini, barusan aku coba kasih oles minyak zaitun kebagian yang agak luka, juga di sudut kelopak mata kaya mau muncul gejala itu juga. Alhamdulillah tadi waktu aku kasih olea minyak zaitun, si Appa(kucingku) anteng. Terus Appa juga udah seminggu ini kena diare. Ini kayaknya terjangkit virus atau jamur ya? Mau aku mandiin tapi umurnya belum genap 3bulan. Kasian liatnya😢😢

    ReplyDelete
  52. Kucingku juga kayaknya kena scabies juga. Dari kemaren2 suka garuk garuk telinga terus nafsu makannya jyga berkurang. Baru ketahuan tadi siang ada luka dibagian telinga juga ada sedikit darah, mungkin sih efek kegaruk2 kuku. Nah kebetulan pas searching nemu artikel ini, barusan aku coba kasih oles minyak zaitun kebagian yang agak luka, juga di sudut kelopak mata kaya mau muncul gejala itu juga. Alhamdulillah tadi waktu aku kasih olea minyak zaitun, si Appa(kucingku) anteng. Terus Appa juga udah seminggu ini kena diare. Ini kayaknya terjangkit virus atau jamur ya? Mau aku mandiin tapi umurnya belum genap 3bulan. Kasian liatnya😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. saranku di bawa ke dokter hewan aja kak supaya diberi penanganan yg tepat. soalnya kondisi daya tahan tubuh tiap kucing mungkin beda-beda :)

      Delete
  53. maaf mau tanya nih, kucingnya tetangga sodara saya ini kena scabies, parah sih sudah, saya mau tanya kalo scabies nya udh parah, udh menjalar ke sluruh tubuh apa masih bisa sembuh klo dikasih minyak zaitun apa enggak? mohon dijawab pertanyaan saya mas, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lebih amannya priksa ke dokter hewan aja kak... kalau seluruh tubuh diluluri minyak kasian si meong.. soalnya si meong biasanya akan merasa risih saat diberi mnyk zaitun..

      Delete
  54. Assalamualaikum smua pencinta kucing... Saya Nana dri kuala lumpur malaysia, trm ksh smua info2 nya yg sgt berguna. Saya ingin mintak pndpt dr kwn2 smua, saya ada kucing belacan yg berumur 1 bln 2 minggu dan anak kucing saya jgk sdah terkena scabbies n agak parah sedikit, apa kah boleh jika saya mahu kucing saya di suntik oleh doctor...?? Adakah ianya akan merisikio kan kucing saya memandang kan ianya msh kurang dr 8 minggu....

    ReplyDelete
  55. Ada kucing kampung yang biasa datang ke rumah. Dia memiliki cacat bawaan yaitu tidak memiliki kaki kanan bagian belkang. Saat datang dia selalu minta dielus dan digaruk sampai sakau/melintir2 karena menikmati. Hal ini bisa dimengerti karena kakinya tidak bisa berfungsi untuk menggaruk. Beberapa lama menghilang dia datang dengan penyakit yang gejalanya sama dengan scabies. Saya urung menggaruk karenaemang sangat geli juga takut tertular. Namun rasa kasihan juga. Ada yang menyarankan menggunakan oli. Apa hal ini bisa dibenarkan.? Mungkin ada yang pernah mencoba dan berbagi pengalaman. Trrima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku jangan dikasih oli kak, kucing biasanya senang menjilat bulunya. takutnya bakal mengganggu pencernaan. lebih amannya dibawa ke dokter hewan sj. :)

      Delete
  56. Makasi kaaa.... aku gabawa kedokter soalnya tkt mahal:( akhirnya aku nemu blog iniii aku bakal cepet2 lakuin.. doain kucingku ga kenapa2 ya kaa.. makasi kaaaa sekali lg informasinya💞

    ReplyDelete
  57. mau tanya dong kak, lebih ampuh mana pake scabies cream atau minyak zaitun?

    ReplyDelete
  58. sekedar sharing aja. kucingku juga kena scabies gak begitu parah sih di telinga sedikit dan dijidat dan hidung. hari ini aku suntikan ke dokter hewan. pas aku bawa kesana sama dokternya dibersihkan pake betadine nah betadinenya itu ditaruh dikasa terus digosok agak keras sampe korengnya itu rontok. menurut dokternya itu harus dirontokin smpe bner2 ada darah karena itu nyabut sampe akar2nya. disarankan gosok pake betadine setiap pagi dan dimandikan 3 kali sehari pake sampo anti scabies. nah setelah digosok tadi didiamkan kira2 3 jam lalu dibersihkan pake air atau tisu basah dan diolesin dengan VCO. paling cepet 2 mingguan udah sembuh kata dokter hewan. scabies ini memang penyakit yang harus ekstra sabar dan telaten dalam menyembuhkannya

    sekian semoga bisa membantu :)

    ReplyDelete
  59. Klo kucingnya umur 1bln jamuran boleh ga diksh minyak zaitun?

    ReplyDelete
  60. Kak mau nanya kucing saya baru gejala scabies terus saya oles pakek saleb scabies ke kuping kucing saya krna kucing saya sering merasa gatal di daerah kuping apabila saleb scabies itu terjilat aman kah buat kucing?

    ReplyDelete
  61. Mau tanya dong kak ..
    Jdi gini aku nemuin kucing . dia itu kurus muka ekor punggung telinga itu berkerak dan. Akhir nya aku belikn vco aku oles"in
    Tpi kerak nya susah bgt d ilanginnya soal ny si mpus itu ga mau d pegang..
    D olesin aja dia kayak ga mau
    Akhirnya aku paksa in ku oles" gitu kayak smpek basah gitu

    Apa gapapa sih kalo keraknya ga aku rontokin tpi aku kasih vco

    ReplyDelete
  62. Kirain minyak zaitun buat kulit manusia doang...mulai sekarang kucing saya bakal saya olesin trus make minyak zaitun.tapi penyakit nih berbahaya apa kg nih buat si kucing??

    ReplyDelete
  63. Kak cara paling efektif ngolesin minyak zaitunnya gimana ya?

    ReplyDelete
  64. Coba gunakan shampo khusus untuk membunuh jamur yang menyebabkan penyakit kurap/scabies ini pada kucing.

    ReplyDelete
  65. There are some natural remedies that can be used in the prevention and eliminate diabetes totally. However, the single most important aspect of a diabetes control plan is adopting a wholesome life style Inner Peace, Nutritious and Healthy Diet, and Regular Physical Exercise. A state of inner peace and self-contentment is essential to enjoying a good physical health and overall well-being. The inner peace and self contentment is a just a state of mind.People with diabetes diseases often use complementary and alternative medicine. I diagnosed diabetes in 2010. Was at work feeling unusually tired and sleepy. I borrowed a cyclometer from a co-worker and tested at 760. Went immediately to my doctor and he gave me prescriptions like: Insulin ,Sulfonamides,Thiazolidinediones but Could not get the cure rather to reduce the pain but bring back the pain again. i found a woman testimony name Comfort online how Dr Akhigbe cure her HIV  and I also contacted the doctor and after I took his medication as instructed, I am now completely free from diabetes by doctor Akhigbe herbal medicine.So diabetes patients reading this testimony to contact his email     drrealakhigbe@gmail.com   or his Number   +2348142454860   He also use his herbal herbs to diseases like:SPIDER BITE, SCHIZOPHRENIA, LUPUS,EXTERNAL INFECTION, COMMON COLD, JOINT PAIN, EPILEPSY,STROKE,TUBERCULOSIS ,STOMACH DISEASE. ECZEMA, PROGENITOR, EATING DISORDER, LOWER RESPIRATORY INFECTION,  DIABETICS,HERPES,HIV/AIDS, ;ALS,  CANCER , MENINGITIS,HEPATITIS A AND B,ASTHMA, HEART DISEASE, CHRONIC DISEASE. NAUSEA VOMITING OR DIARRHEA,KIDNEY DISEASE. HEARING  LOSSDr Akhigbe is a good man and he heal anybody that comes to him. here is email    drrealakhigbe@gmail.com    and his Number +2349010754824

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa mbak Lilian Wale ....kucingnya diberi minyak Zaitun dan VCO saja ya....

      Delete
  66. Kucing saya usia 2 bulan kak,dari lahir udah ada itu penyakit berkerak GT kak,aku sering bersihkan pakai air hangat terus ak oles pakai minyak zaitun yg herbaliq,tapi berapa hari kemudian,muka nya jadi hitam dan makin berkerak,suka sedih lihat nya udah mau jalan sebulan belum sembuh"tolong solusinya kak please yabulu nya udah rontok,hampir gundul kak,aku ga tega liat nya tolong yg udah kucing nya sembuh dari scabies,kasih tau saya ya,mau ke dokter belum punya uang karna pasti mahal klw suntik,

    ReplyDelete
  67. Ana mo coba ah, ana punya kucing kena scabies. Tapi msh baru. Mdh2n manjur.

    ReplyDelete
  68. Pengalaman pribadi bila kucing kena scabies kasih minyak habatussauda aj..Kering nanti dan sehat kucingy

    ReplyDelete
  69. Kucing saya kena scabies sepertinya. Udah ada tanda-tanda dia sering garuk dan kulit telinganya menebal. Ada kucing tetangga yg sakit sama dan tu kucing sering main kerumah. Makasih infonya

    ReplyDelete

- Copyright © Hikaru's Blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -